Wait, What??

“Café free wifi male”

Saya klik hasil pencarian teratas yang kemudian terdirect ke tripadvisor. Agak susah mencari café dengan free wifi di Male. Enggak, jangankan café, mencari restoran pun agak susah. Kemarin saya perlu berjalan 20 menit berkeliling kota hanya untuk mencari tempat makan! Beda dengan tempat kita, bangunan lantai bawah di male tidak selalu jadi tempat komersial.

Akhirnya pilihan saya tertuju pada Jade Bistro. Tempat itu terletak di dekat pelabuhan ferry bandara, sehingga saya gak perlu keburu-buru karena hari itu hari terakhir di Maldives. Meski namanya bistro, namun tempat itu tidak menyediakan alkohol. Pemerintah Maldives memang melarang penjualan alkohol di local island.

Saya lagi banyak kerjaan yang butuh koneksi internet hari itu. Hotel saya di Maafushi Island ada wifinya sih, tapi lambat banget! Jangankan buka youtube, bisa googling aja alhamdulillah.

Maafushi Island adalah local island yang bisa dijangkau 90 menit dengan local ferry dari Male. Mungkin kalian bertanya apa itu local island? Di Maldives pulau dibagi menjadi 4 jenis, yaitu local island, resort island, picnic island dan inhabitant island. Local island adalah dimana penduduk lokal tinggal. Disini ada toko, bank, hotel dan lain-lain layaknya kota biasa.

Resort island adalah pulau pribadi yang kecil namun sangat indah, dan pastinya juga mahal. Pernah lihat foto hotel diatas air yang terkenal di Maldives itu? Nah itu harganya rata-rata 1000 USD per malam. Itu harga untuk turis asing, harga untuk warga lokal beda lagi. Saya lupa berapa, tapi saya pernah diceritakan oleh seorang polisi sana bahwa harganya jauh berbeda.

Picnic island adalah pulau kosong tak berpenghuni yang biasanya dikunjungi oleh turis-turis saat siang hari. Sedangkan Inhabitant Island adalah pulau tak berpenghuni dan juga tak biasa dikunjungi turis.

Kapal saya kembali Male berangkat jam 12 siang. Kali ini saya naik speedboat, bukan local ferry seperti kemarin. Kalau menggunakan speedboat, jarak Maafushi-Male dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Namun harganya juga pasti lebih mahal.

Saya menghabiskan waktu di Jade Bistro dari jam 1 sampai jam 5 sore sambil wifian. Tempatnya cukup enak, namun juga mahal! Harga makanan di Maldives memang terkenal mahal. Sekali makan di restoran rata-rata habis 100 Rufiyaa lebih (mata uang Maldives bernama Rufiyaa, mirip dengan Rupiah ya?).

Jam 6 saya tiba di Bandara Ibrahim Nasir. Bandaranya cukup kecil untuk ukuran ibukota. Setelah lolos baggage screening terjadilah hal aneh itu, kenapa flight saya tidak ada di papan pengumuman? Ah mungkin karena jam check-innya belum buka pikir saya, soalnya masih 3 jam lagi.

10 menit…

20 menit…

30 menit…

Kenapa belum lekas muncul di papan pengumuman? Padahal flight lain diatas jam flight saya sudah terpampang. Akhirnya saya bertanya ke konter informasi.

“Excuse me, why is Air Asia Check-in Counter not open yet?”

“Air Asia? To Kuala Lumpur?

“Yes.”

“We don’t have Air Asia flight today.”

“What???” Saya panik.

“What do you mean there is no Air Asia flight today? My ticket says my flight is today.” Jantung saya berdebar-debar.

“Can I see your ticket?”

“I didn’t print my ticket, its in my email and I don’t have internet connection in my phone. Can I use your computer?”

“Yes sure go ahead.”

Saya ketik gmail.com dan memasukkan username dan password email saya.

“Look, it says Male-Kuala Lumpur 29 March 2016.”

“Sir…”

“Yes?”

“29 March is tommorow.”

“Wait, what?” Jawab saya kaget.

“Yes, today is 28 March.”

Saya lihat jam tangan. Ternyata benar hari ini adalah tanggal 28 Maret! Duh!

“Oh… I’m sorry. Excuse me then.”

Saya langsung buru-buru ambil backpack dan kemudian keluar dari Bandara dengan rasa malu yang amat dalam. Duh bisa-bisanya salah tanggal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s